Sabtu, 19 Oktober 2024

MTsN 5 Nganjuk Tingkatkan Pelayanan melalui Validasi Data Sosial Ekonomi Peserta Didik

(MTsN 5 Nganjuk) – Sabtu (19/10/2024), Pengawas Madrasah, Ibu Hj. Siti Imamah, didampingi oleh Plt. Kepala MTsN 5 Nganjuk, Bapak Mochamad Abdul Rasyid, memberikan arahan penting kepada seluruh pendamping akademik dan wali kelas  pada Kamis (17/10/2024). Arahan tersebut fokus pada upaya meningkatkan pemahaman mengenai kondisi sosial ekonomi para peserta didik di madrasah. Dalam sambutannya, Ibu Hj. Siti Imamah menekankan pentingnya memperhatikan latar belakang sosial ekonomi siswa sebagai langkah awal dalam memberikan pelayanan pendidikan yang inklusif dan sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, beliau menugaskan seluruh Pendamping Akademik (PA) untuk melakukan validasi data sosial ekonomi siswa yang sudah dikumpulkan oleh tim Bimbingan dan Konseling (BK) MTsN 5 Nganjuk. Validasi ini akan menjadi langkah penting untuk memastikan keakuratan informasi dan kevalidan data yang akan digunakan sebagai acuan bagi pihak madrasah dalam memberikan pelayanan, baik dari sisi akademik maupun non-akademik.

Plt. Kepala Madrasah, Bapak Mochamad Abdul Rasyid, turut menegaskan pentingnya sinergi antara PA dan tim BK dalam melakukan tugas ini. Menurutnya, dengan memiliki data sosial ekonomi yang valid, madrasah dapat lebih tepat dalam memberikan bantuan atau intervensi, khususnya bagi siswa-siswi yang berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi yang kurang mendukung. Hal ini juga dapat membantu madrasah dalam merancang program-program kesejahteraan dan proses KBM yang sesuai.

Lebih lanjut, Ibu Hj. Siti Imamah menjelaskan bahwa validasi data ini bukan hanya untuk kepentingan jangka pendek, melainkan juga menjadi fondasi dalam merancang kebijakan madrasah jangka panjang. Melalui data yang valid, madrasah dapat melihat tren dan kebutuhan siswa, serta meresponsnya dengan program-program yang tepat sasaran.

Proses validasi data tersebut diharapkan segera dapat diselesaikan agar pihak madrasah dapat segera menyusun laporan dan tindakan lanjutan. Selain itu, seluruh pendamping akademik juga diinstruksikan untuk terus memonitor dan mengevaluasi kondisi sosial ekonomi siswa secara berkala, sehingga setiap perubahan atau dinamika bisa langsung diatasi dengan langkah yang sesuai.

Dengan langkah-langkah ini, MTsN 5 Nganjuk berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan lebih inklusif bagi semua peserta didik, terutama mereka yang membutuhkan perhatian khusus. (Atoillah/Photo: Putri)

Galery: