Jumat, 06 Desember 2024

Ukur Capaian Pembelajaran, MTsN 5 Nganjuk Gelar Asesmen Sumatif Akhir Semester

(MTsN 5 Nganjuk) – Jum’at (6/12/2024), dalam rangka mengukur capaian pembelajaran siswa selama satu semester, MTsN 5 Nganjuk mengadakan kegiatan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) Tahun Pelajaran 2024/2025. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 7, 8, dan 9 dengan tujuan mengevaluasi hasil belajar siswa secara komprehensif. ASAS dilaksanakan mulai Sabtu (30/11/2024) hingga Sabtu (7/12/2024) di lingkungan madrasah.

Menurut Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Bapak Joko Wiyono, pelaksanaan ASAS ini dibagi menjadi tiga tingkatan: kelas 7 untuk semester 1, kelas 8 untuk semester 3, dan kelas 9 untuk semester 5. Dengan format berbasis handphone menggunakan jaringan lokal, kegiatan ini bertujuan meningkatkan efisiensi dan transparansi proses asesmen.

Teknis pelaksanaan ASAS dibagi menjadi dua sesi setiap harinya. Sesi pertama dimulai pukul 07:00 hingga 10:00 untuk siswa kelas 7 dan 8, sementara sesi kedua dilaksanakan pada pukul 10:30 hingga 13:30 untuk kelompok siswa yang sama. Pembagian sesi ini bertujuan untuk menjaga kenyamanan dan memastikan fasilitas komputer server dapat digunakan secara maksimal.

Plt. Kepala MTsN 5 Nganjuk, Bapak Mochammad Abdul Rasyid, menjelaskan bahwa pihak madrasah telah mempersiapkan segala hal dengan matang. “Kami memastikan bahwa seluruh perangkat dan infrastruktur mendukung, sehingga siswa dapat mengerjakan asesmen dengan lancar,” ungkapnya. Beliau juga menyampaikan harapannya agar kegiatan ini memberikan hasil optimal dan mencerminkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

Salah satu siswa kelas 8, dalam wawancara singkat, mengaku senang dengan pelaksanaan berbasis handphone. “Lebih mudah dan praktis, serta tidak perlu membawa banyak peralatan tulis,” ujarnya. Sementara itu, guru pengawas menilai ASAS kali ini berjalan dengan baik dan disiplin.

Dengan berakhirnya ASAS pada awal Desember, hasil asesmen ini diharapkan menjadi gambaran nyata tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, sekaligus menjadi bahan evaluasi bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di masa mendatang. (Atoillah/Photo: Atoillah)